Microsoft word 2007
merupakan salah satu aplikasi yang disediakan dalam Microsoft Office 2007.
Berbeda hal nya dengan Microsoft word 2003 microsoft word 2007 memiliki
beberapa keunggulan dan kemudahan dalam membantu kita mengerjakan pekerjaan
tulis-menulis ,misalnya menulis document, surat, famplet, kartu nama,
brosur,dll dengan lebih baik.
Microsoft word 2007 telah
mengalami perkembangan dan perbaikan yang lebih baik dari versi sebelumnya
yaitu word 2003. Pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana
memaksimalkan penggunaan Microsoft word 2007.
Memulai menggunakan Word 2007
Untuk menggunakan dan
mengaktifkan word 2007 dapat dilakukan dengan langkah sebagai berikut :
1). Klik > menu
> START > pada > taskbar
2). Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Word 2007
2). Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Word 2007
Mengenal Bagian Dokumen / Interface
- Tombol Office adalah tombol
yang terdiri dari perintah-perintah standar seperti membuka dokumen,
menyimpan dokumen dsb
- Quick Access Toolbar adalah toolbar
yang berisi sejumlah perintah Customize quick access toolbar
- Customize Quick Access Toolbar adalah tombol
untuk memodifikasi perintah-perintah Microsoft Word 2007 pada Quick access
toolbar
- Tab adalah bagian
berbentuk tabulasi yang berisi sejumlah perintah sesuai dengan kelompoknya
yang terdiri dari grup perintah Tab Home, Tab Insert, Tab Page
Layout, Tab References, Tab Mailings, Tab Review dan Tab View
- Tombol pengatur jendela terdiri
dari :
- Minimize adalah tombol
untuk meminimalkan jendela
- Maximize adalah tombol
untuk memaksimalkan jendela
- Close adalah tombol
untuk menutup jendela
- Lambang tab adalah ciri atau
tanda posisi tab baris atau paragraf
- Tombol dialog adalah tombol
yang digunakan untuk membuka kotak dialog serta memodifikasi
perintah-perintah yang disimpan di dalamnya
- View Ruler adalah bagian
fasilitas untuk mengatur garis mistar secara horisontal dan vertikal
- Ruler adalah bagian
fasilitas untuk mengatur margin atau tabulasi
- Baris Penggulung adalah bagian
fasilitas untuk menggulung halaman kerja secara horisontal dan vertikal
- Baris Status adalah bagian
fasilitas yang berisi nomor halaman, zoom dsb
- Halaman Kerja adalah media
kerja berwarna putih yang tampak pada saat Microsoft Word 2007 diaktifkan
- Pengatur Tampilan Halaman Kerja adalah bagian
fasilitas untuk mengatur penampilan halaman kerja, seperti print layout,
full screen reading, web layout, outline dan draft
- Zoom adalah bagian
fasilitas untuk mengatur media tampilan halaman kerja. Tombol plus untuk
memperbesar dan tombol minus sebaliknya.
Mengenal Elemen Jendela Word
1. Menu Bar
Menu bar bisa dibilang
sama seperti menu horizontal pada blog, yang mempunyai sub-sub menu. Menu bar
terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
Jendela ini umumnya berisi menu tool dan fitur lainnya yang memiliki fungsi
tertentu. Tampilan Ms. Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang berisi kumpulan
toolbar. Secara keseluruhan terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word
2007. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007
secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam
keadaan aktif beserta kelengkapan tombol perintah pengoperasian Microsoft Word
2007.
1.1. Home
Home merupakan menu utama yang akan tampil pada saat pertama kali anda membuka word 2007. Menu home terdiri dari toolbar standar yaitu font, tool bar formatting dan paragraph, style dan editing serta clipboard.
1.2. Insert
Tab ini digunakan untuk
memasukkan instruksi-instruksi ke dalam dokumen. Menu insert terdiri dari :
Pages, Tables, Illustrations, Links, Header & Footer, Text, Symbol.
1.3 Page Layout
Tab page Layout digunakan
untuk mengatur tata letak data, yang meliputi Page Setup, memberiwarna
background pada lembar kerja, mengatur spasi antar baris, membuat kolom pada
teks dan mengatur indentasi. Menu page layout terdiri dari : Themes, Page
Setup, Page Background, Paragraph, Arrange.
1.4 References
Tab ini dugunakan untuk
memasukkan berbagai perintah seperti menuliskan footnote (catatan kaki),
menyisipkan gambar, dan membuat tanda citasi. Perhatikan tampilan tab
references
Tab References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.
Tab References. References terdiri dari : Table of Contents, Footnotes, Citations & Bibliography, Captions, Index, Table of Authorities.
1.5 Mailings
Tab ini berguna untuk
membuat mail merger (surat massal), mengetik teks pada amplop, dan membuat
label. Mailings terdiri dari : create, start mail merge, write & insert
Fields, preview results, finish.
1.6 Review
Tab Review berguna untuk
mengecek kesalahan tata bahasa serta memproteksi dokumen. Review terdiri dari :
proofing Comments, Tracking, changes, Compare, Protect.
1.7. View
Tab View digunakan untuk
menampilkan atau mencetak dokumen pada layar, mengatur ukuran cetakannya, dan
menampilkan garis bantu pada lembar kerja. Menu View berfungsi untuk mengatur
tampilan layar dari dokumen yang kita kerjakan. Berikut ini merupakan berbagai
fungsi dari tool-tool yang terdapat dalam menu View.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar